Solusi untuk Lumia Softbrick/Stuck di Spinning Gear

Selamat pagi kawan.. Ahaha… Kejadian yang baru saja saya alami ini cukup membuat saya semangat untuk mempostingnya ke blog ini. Jadi gini, saya punya LUMIA 520 yang baru saja saya reset (lewat setting > about > reset my phone). Nah, setelah HH restart kemudian muncul spinning gear (gerigi yg muter2 mulu). Saya tunggu sampe jenggoten tuh.. Tetapi sampai baterai habis dan mati, resetnya tidak kelar juga. Bahkan sampai saya colok ke charger selama kurang lebih 6jam :v

Singkat cerita… Saya bosan menunggu. Akhirnya googling dan menemukan solusi untuk hardreset (vol down + power > vol up-vol down-power-vol down). Tetapi sama saja. Masih stuck! Ente juga ngalamin? Kasian :p

Sampai akhirnya, nemu blog bahasa inggris (LINK: DISINI). Dari situ, saya ikuti langkahnya untuk flashing via NSU 🙂

Pertama, Download & instal NSU (Nokia Software Updater) DISINI! (Update: nantinya, kalian disuruh update ke versi 2.4.1)

Kedua, (jangan hubungkan Lumia ke PC) buka NSU > Pilih “My Phone Doesn’t ……”, terus “Continue”

NSU01

Ketiga, kalian baru diminta untuk menghubungkan SATU DEVICE. Nah, colokin Lumia yg dalam kondisi OFF PC. (kalo munculnya gear muter lagi, pencet dan tahan bersamaan VOL DOWN + POWER untuk beberapa saat sampai HH mati). Otomatis ON sendiri dan device akan terdeteksi.

NSU03

Keempat, internet akan menghubungkan ke server dan memeriksa software paling update untuk Lumia kalian. Pilih “INSTALL”. Maka akan dilakukan proses download (lebih dari 1GB).

NSU04

Kelima, setelah download selesai otomatis proses flashing akan dimulai. Jangan diganggu Gan!. Ada permasalahan? Ya, kadang Lumia-nya disconnected kan? Solusi: cabut lumia kalian, matiin lumia-nya (cabut batre > pasang lagi). Kemudian, kill aja NSU lewat task manager. Setelah itu, buka kembali NSU. Ulangi step KEDUA dan KETIGA. Kalo ada pilihan install, klik aja (biasanya otomatis sih).

NSU05

Keenam, biarkan proses installasi/flashing berjalan. Jangan diganggu! Sampai nantinya akan restart dan muncul tampilan seperti pada waktu pertama kalian menyalakan Lumia (setting tanggal, jam, dll). Setelah masuk Start Screen, akan ada perintah RESTART. Ikuti saja.

Terakhir, setelah restart boleh dicabut kabel USB nya 🙂

OKE, sekian cerita dari seorang newbie seperti saya ini 😀 Kalo ada yang salah, mohon dikoreksi, jangan dimaki 😀 Semoga bisa membantu ya, Gan :*

10 respons untuk ‘Solusi untuk Lumia Softbrick/Stuck di Spinning Gear

  1. Gan mau tanya, punya ane pas mau ke tahap nyari firmware kok gagal terus, ada tulisannya “Paket pembaruan tidak ditemukan disk”.
    Mohon pencerahannya gan.

    Suka

      1. download firmwarenya dimana gan yg sesuai lumia 520 dan sudah bhs indonesia? dan simpennya dimana gan? mohon pencerahannya.

        Suka

      2. Ane sudah coba pake NSu postingan di atas ga bisa, trus ane download lg yg versi diatasnya 4.3.2 tetep ga mau download firmwarenya padahal Internet kenceng keterangannya (Paket perangkat lunak tidak ditemukan di dalam disk).
        Akhirnya ane download firmware di situs lain. Jd skrg ane mau tanya firmwarenya taruh di C folder apa gan?

        Suka

      3. Di Setting > phone update > check for update ngga bisa?

        Coba kalo udah download fw nya, copy ke C:\Documents and Settings\All Users\Application Data\Nokia\Nokia Service Layer\A\nsl_service_module_00001\vpls\www.dsut.online.nokia.com.oti.caresuite\Products\rm-xxx (xxx sesuaikan ama RM hape ya)

        Suka

      4. Hp ane matot gan boro2 buka setting, masuk ke menu aja ga bisa, stuck di gambar dua gear muter2.. 😀
        oke thanks gan nanti dicoba

        Suka

      5. Maksud ane setting itu di NSU nya, gan.

        Kalo agan jeli baca tutor ane di postingan ini, pasti berhasil. Ane nulis ini jg gegara stuck di gear muter 🙂

        Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.