Unlock Bootloader (Tanpa Request) dan Install TWRP di Xiaomi

Sulamat malam. Setelah beberapa bulan pegang HH Xiaomi, terus udah nyoba ngotak-atik dalemannya, dan nyimak grup fb & beberapa forum, saya jadi tertarik ikut nulis tutorial ini. Dengan versi saya, pengalaman saya, dan yang saya anggap paling gampang dimengerti.

PSX_20160808_190331

Jadi gini, HH Xiaomi “jaman sekarang” dari sananya udah bootloader locked (ini yang mantan user Sony Xperia pasti ngerti lah ya). Tapi berbeda dengan Xperia, di Xiaomi, kita harus sudah unlock bootloader walaupun sekedar untuk flashing via fastboot di MiFlash.

IMG_20160826_201711

Yang kita butuhkan adalah:

Langkah pertama, install Qualcomm HS-USB driver. Selanjutnya, pastikan sudah jalan ketika disambungkan ke HH Xiaomi kalian.

Selanjutnya, ekstrak file ADB DRIVER. Sebagai contoh, ekstrak di D:\ADB. Copy-paste file TWRP (filenya berekstensi .img) kalian ke folder yg sama dengan ADB Driver. (Biar enak, ganti nama image TWRP yg tadi di download dengan nama twrp.img)

Instal juga MiFlash, bakal dibutuhkan suatu waktu jika pengen ngeflash. (Sebenernya ini lebih ke keberhasilan singkronasi driver usb, sih)

Nah, setelah kelar semua, saatnya eksekusi. Coba buka folder ADB tadi. Di dalamnya terdapat file adb, fastboot, dll (termasuk file TWRP.img tadi).

1. Tekan tombol SHIFT di keyboard, klik kanan di area kosong di dalam folder ADB -> Open Command Window Here. Jendela CMD akan terbuka.

2. Dari HH posisi OFF, tekan power + volume down sampai HH masuk mode Fastboot.

3. Sambungkan HH dengan PC via USB. Di dalam CMD, ketik fastboot devices kemudian enter. Jika fastboot jalan, maka akan terdapat list device beserta id device nya.

4. Di CMD, ketik lagi fastboot oem device-info kemudian enter. Kalau udah unlocked, dibagian (bootloader)….device unlocked : true kalau masih locked, statusnya false.

5. Jika statusnya false, lanjut ke step berikutnya. Di CMD, ketik lagi fastboot oem unlock kemudian enter. Harusnya statusnya OKAY……. Finished….

6. Cek kembali dgn mengetik fastboot oem device-info, apakah yg tadi statusnya false berubah jadi true? Kalau true, lanjuuuut…

7. Install TWRP dengan mengetik fastboot flash recovery twrp.img (twrp.img ini disesuaikan dgn nama file twrp yg di copy ke folder ADB tadi). Kemudian enter. Kalau proses lancar, OKAY….Finished….. maka, sip.

8. Cabut HH dari PC, tekan power agak lama sampai HH mati. Kemudian tekan power+volume up, maka akan masuk le TWRP. Yeay.. Sulamat, sudah punya TWRP dan sudah unlock bootloader.

IMG_20160830_231800

Gampang kan? Mudah kan? Kalau mau tanya2, bisa isi di kolom komentar. Bye.

24 respons untuk ‘Unlock Bootloader (Tanpa Request) dan Install TWRP di Xiaomi

  1. bos, kalo cara buka bootloader advan x7 intel (v25) sama nggak caranya. mohon bimbinganya. soalnya nih tablet cwm nya nggak ada. semua aplikasi root apk dan pc gagal untuk ngeroot nih tablet. bahkan tukang service hp nggak berani ngeroot. katanya penyebab adalah bootloader dikunci. mohon bimbinganya master.. makasih..

    Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.